Rabu, 13 April 2016
On 03.57 by adnan No comments
Fakultas : Teknik
Jurusan : Teknik Elektro
Kode Mata Kuliah : Sistem Kendali Lanjut
Kode Mata Kuliah : EIE612322
Jumlah SKS : 3
Semester/Status : VI / wajib
Jumlah Tatap muka : 16 kali pertemuan
Deskripsi Matakuliah
Matakuliah ini mempelajari tentang sistem kendali mulai dari konsep sistem kendali, bagian sistem kendali, pemodelan sistem, state space model, simulasi sistem, respon sistem, stabilitas sistem, sistem kendali digital dan aplikasi sistem kendali.
Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu merancang, menganalisa dan mengembangkan sistem kendali untuk aplikasi praktis dan penelitian..
KD
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan
Ajar/Media
|
Assesmen
|
Mahasiswa mampu memahami prinsip dasar dari sistem kendali
|
Mahasiswa dapat::
|
Mahasiswa mendapat pengetahuan mengenai konsep dasar sistem kendali
|
Pendahuluan sistem kendali
|
1 kali pertemuan
(3 x 50 menit)
|
White board
Laptop dan LCD
|
Partisipasi dalam tugas kelompok, keakuratan hasil kerja kelompok. (assesmen autentik)
|
KD
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan
Ajar/Media
|
Penilaian
|
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan
|
Mahasiswa dapat:
1.Mampu menjelaskan pengertian instrumentasi
2. Mampu menjelaskan metode pengukuran besaran.
3. Mampu menghitung besaran listrik
|
1.Mahasiswa mendapat pengetahuan tentang proses pengukuran
2. Mahasiswa menganalisis bagaimana dapat terjadi pengukuran
3. Mahasiswa berdiskusi mengenai aplikasi pengukuran listrik
|
1. Pengertian instrumentasi
2. Metode pengukuran.
3. Pengukuran besaran listrik
|
1 kali pertemuan
(2 x 50 menit)
|
Buku Ajar/ LCD dan Laptop
|
Tes tertulis (Bentuk pilihan jamak dan uraian)
Tugas individual
|
KD
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan
Ajar/Media
|
Penilaian
|
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan cara kerja sensor dan tranduser
|
Mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan perbedaan sensor dan tranduser
2. Menjelaskan cara kerja sensor dan tranduser
3. Mampu menjelaskan aplikasi sensor dan tranduser
|
Mahasiswa mendapat peragaan mengenai cara kerja sensor serta berdiskusi mengenai aplikasi sensor yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
|
1. Pengertian sensor dan transduser
2. Macam-mcam sensor dan tranduser
3. Aplikasi sensor
|
1 kali pertemuan
(3 x 50 menit)
|
Buku Ajar/ Flipchart/LCD dan Laptop
|
Tes tertulis (Bentuk pilihan jamak dan uraian)
|
KD
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan
Ajar/Media
|
Penilaian
| |
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat merencanakan pengkondisi sinyal
|
Mahasiswa dapat:
1. Mampu menjelaskan pengkondisi sinyal
2. Mampu menerapkan pengkondisi sinyal
|
1. Pembelajaran dilakukan melalui model belajar kooperatif yaitu, belajar melalui teman sejawat dalam kelompok dengan metode jigsaw.
Pertama mahasiswa berdiskusi dalam kelompok ahli kemudian melaporkan hasil diskusi dalam flipchart, kemudian mahasiswa dari kelompok ahli mengajarkan model yang telah dipelajari ke kelompok awal, kemudan kelompok awal berdiskusi untuk membuat matriks langkah-langkah perencanaan pnegkondisi sinyal ke depan kelas.
2. Dosen membimbing mahasiswa menyimpulkan langkah-langkah perencanaan pengkondisi sinyal yang akan dijadikan proyek tugas.
|
1. Pengertian pengkondisi sinyal
2. Jembatan Whestone
3. Linearsasi
4. Scaling
5. Konversi
|
2 kali pertemuan
(2 x 50 menit)
|
Buku Ajar/ Bahan-bahan dari internet/Flipchart/ LCD/Laptop
|
Penilaian kinerja (assesmen auntentik)
| |
KD
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan
Ajar/Media
|
Penilaian
| |
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat merancang filter sesuai dengan kebutuhan
|
|
1. Mahasiswa menanggapi gambar yang ditayangkan dosen dan menyimpulkan arti gambar tersebut
2. Mahasiswa berlatih merumuskan suatu masalah sfilter ecara kooperatif dalam kelompok kemudian menempelkan hasil rumusan di flipchart.
3. Mahasiswa membandingkan tiap rumusan dan memberikan komentar individual dalam lembar kerja.
|
|
2 kali pertemuan
( 2x 50 menit)
|
Buku Ajar/ Bahan-bahan dari internet/Flipchart/ LCD/Laptop
|
Penilaian produk dan kinerja
| |
KD
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan
Ajar/Media
|
Penilaian
| |
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan konversi data.
|
Mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan ADC dan DAC
2. Merencanakan ADC dan DAC sesuai kebutuhan.
|
1. Mahasiswa diberi persoalan mengenai konversi sinyal analog menjadi sinyal digital
2. Secara kooperatif bekerja dalam kelompok membuat solusi persoalam konversi sinyal.
|
1. Analog to Digital Converter (ADC)
2. Digital to Analog Converter (DAC)
|
2 x pertemuan
( 2 x 50 menit)
|
Buku Ajar, Flip chart, Lap top dan LCD
|
Penilaian kinerja
| |
KD
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan
Ajar/Media
|
Penilaian
| |
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat memahami instrumentasi berbasis komputer
|
Mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan komponen instrumentasi berbasis komputer
2. Merencanakan instrumentasi berbasis komputer
|
1. Mahasiswa berlatih dalam kelompok unutk mengambarkan diagram blok instrumentasi berbasis komputer kemudian mempresentasikannya dalam flipchart.
2. Setiap kelompok menilai mutu perumusan tujuan yang dibuat kelompok lain dan memberikan saran perbaikan.
|
|
2 x pertemuan (2 x 50 menit)
|
Buku Ajar/ Kertas warna/ flipchart/ lcd dan laptop
|
Penilaian kinerja
| |
KD
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan
Ajar/Media
|
Penilaian
| |
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa mampu membuat perangkat lunak pengolahan data
|
Mahasiswa dapat :
1. Merencanakan perangkat lunak sesuai kebutuhan
2. Membuat diagram alir perencanaan perangkat lunak
3. Membuat perogram
|
1. Mahasiswa bekerja dalam kelompok membuat diagram alir untuk perencanaan program dan mempresentasikannya dalam flipchart.
2. Bersama dosen kelompok mahasiswa menilai masing-masing hasil kerja kelompoknya.
3. Mahasiswa melihat hasil program dengan simulator
|
1. Diagram Alir
2. Perancangan perangkat lunak
3. Pemrograman perangkat lunak
|
2 x pertemuan (2 x 50 menit)
|
Buku ajar/ flip chart/ LCD/ lap top
|
Penilaian kinerja
| |
KD
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan
Ajar/Media
|
Penilaian
| |
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat merancang dan membuat sistem instrumentasi berbasis komputer
|
Mahasiswa dapat:
1. Merencanakan spesifikasi sistem instrrumentasi
2. Membuat diagram blok dan diagram alir sistem instrumentasi
3. Membuat perangkat keras sistem instrumentasi
|
1. Mahasiswa menanggapi rumusan pesan yang ditayangkan dosen lewat LCD, kemudian mahasiswa bersama dosen menyusun instrumentasi berbasis komputer.
2. Mahasiswa bekerja dalam kelompok menyusun diagram alir, diagram blok dan perangkat keras sistem instrumentasi.
3. Hasil kerja kelompok di dipamerkan sehingga setiap mahasiswa dapat mempelajari cara membuat sistem instrumentasi.
|
1. Spesifikasi sistem
2. Diagram blok Perangkat keras
|
1 x pertemuan (3 x 50 menit)
|
Buku Ajar/ kertas warna/ flipchart atau karton warna / laptop-lcd
|
Penilaian kinerja
|
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar